Indonesia Cerdas

Beranda » Profile Universitas » Profile Universitas Indonesia

Profile Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Sementara itu, UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya.

UI berdiri pada tahun 1849 dan merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni, UI secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di level nasional dan dunia. Bagaimanapun UI tidak bisa melepaskan diri dari misi terkininya menjadi institusi pendidikan berkualitas tinggi, riset standar dunia dan menjaga standar gengsi di sejumlah jurnal internasional nomor satu.

Dengan predikat sebagai kampus terbaik negeri ini, UI secara aktif mengembangkan kerja sama global dengan banyak perguruan tinggi ternama dunia. Beberapa universitas terkemuka yang saat ini tercatat memiliki perjanjian dengan UI diantaranya adalah: Washington University, Tokyo University, Melbourne University, Sydney University, Leiden University, Erasmus University, Kyoto University, Peking University, Tsinghua University, Australian National University, Columbia University dan National University of Singapore. Selain itu, UI saat ini juga memperkuat kerjasamanya dengan beberapa asosiasi pendidikan dan riset diantaranya: APRU (Association of Pacific Rim Universities) dengan peran sebagai Board of Director, AUN (ASEAN University Network), and ASAIHL (Association of South East Asia Institution of Higher Learning).

Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area berjauhan, kampus Salemba dan kampus Depok. Mayoritas fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektar dengan atmosfer green campus karena hanya 25% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. 75% wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota dimana di dalamnya terdapat 8 danau alam. Sebuah area yang menjanjikan nuansa akademik bertradisi yang tenang dan asri.

Visi dan Misi Universitas Indonesia

Visi

“Menjadi Universitas Riset Kelas Dunia”

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi berbasis riset untuk pengembangan Ilmu, Teknologi, Seni dan Budaya.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia serta kemanusiaan.

Fakultas Dan Program Studi
Fakultas Kedokteran

  • Program Pendidikan Dokter
  • Program Sarjana Kelas Internasional
  • Program Magister (S2)
  • Spesialis
  • Program Doktor (S3)
  • Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan

Fakultas Ekonomi
Program Pendidikan Strata 1

Program S1 Reguler

  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen SDM & Organisasi
  4. Manajemen Operasi

Program S1 Bisnis Islam

  1. S1Bisnis Islam

Program S1 Ekonomi Islam

  1. S1 Ekonomi Islam

Program S1 Ekstensi
Program Studi dan Kekhususan
PE-FEUI membuka 2 (dua) Program Studi yaitu:

  1. Manajemen
  2. Akuntansi

Program Studi Manajemen menawarkan 4 (empat) kekhususan yaitu:

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Operasi
  3. Manajemen SDM dan Organisasi
  4. Manajemen Keuangan

Jurusan Favorite Universitas Indonesia

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) adalah fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. FKUI memiliki komitmen kuat untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan kedokteran dengan menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional yang berbasis kompetensi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rencana strategis secara terarah dan sistematis memandu FKUI untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memperbaiki sistem manajemen pendidikan.

Kurikulum Fakultas yang saat ini diterapkan adalah Kurikulum Fakultas 2012 yang merupakan perbaikan dari Kurikulum Fakultas 2005. Kurikulum FKUI merupakan kurikulum pendidikan dokter modern yang menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered), berbasis masalah (problem based), terintegrasi horisontal dan vertikal (integrated), berbasis komunitas (community based), memungkinkan paparan terhadap setting klinik lebih awal (early clinical exposure), memberikan pilihan luas kepada mahasiswa untuk mendalami bidang ilmu yang diinginkan (elective), dan pelaksanaan yang sistematis (systematic).

Tujuan pendidikan dokter di FKUI adalah menghasilkan dokter layanan primer yang mawas diri dan terampil dalam pendekatan holistik, komprehensif, kolaboratif, bersinambung berbasis pencegahan dengan kemampuan pengolahan informasi serta aplikasinya dalam manajemen kesehatan dan berperan sebagai agent of change.

FKUI berupaya membentuk lulusan Dokter yang memiliki:

  1. Kemampuan untuk belajar sepanjang hayat sehingga mampu mengemas ilmu-ilmu kedokteran terkini yang berbasis bukti dalam praktik sehari-hari.
  2. Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan, baik masalah kesehatan individu, keluarga dan komunitas, menganalisis dan mengatasinya secara efektif, efisien, berbudaya dan penuh perikemanusiaan.
  3. Berperilaku profesional dalam berbagai lingkungan kerja, senantiasa mempunyai komitmen tinggi untuk melakukan tugas-tugas profesinya secara penuh tanggung jawab, mengedepankan prinsip-prinsip etika kedokteran, budaya, kolegialitas dan peka terhadap masalah kesehatan masyarakat yang beraneka ragam.

Dokter lulusan FKUI diharapkan dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan yang tercakup dalam area kompetensi sebagai berikut:

  1. Profesionalitas
    Kemampuan untuk melakukan praktek medis profesional sesuai dengan nilai-nilai  dan prinsip-prinsip agama, moralitas universal, etika, disiplin, hukum dan peraturan, dan norma-norma sosial budaya.
  2. Mawas diri dan pengembangan diri
    Kemampuan untuk melakukan praktek medis dengan mengenali dan mengatasi keterbatasan pribadi, mengembangkan keterampilan pribadi, menghadiri program pengembangan pribadi untuk terus meningkatkan dan memperbarui pengetahuan, dan meningkatkan pengetahuan pribadi untuk memastikan perawatan terbaik bagi pasien.
  3. Komunikasi efektif
    Ability to obtain and share information both verbally and non-verbally from/with patients (at any ages), family members, the society, colleagues, and other co-professionals.
  4. Pengelolaan informasi
    Ability to apply medical information and communication technology in conducting medical practices.
  5. Landasan ilmiah ilmu kedokteran
    Ability to overcome health problems in accordance with the most current medical and health scientific principles and methods in order to achieve the best results.
  6. Keterampilan klinis
    Ability to perform clinical procedures—based on their respective positions or authority—for dealing with health problems in accordance with the principles of patient, individual, and public safety (universal precaution).
  7. Pengelolaan masalah kesehatan
    Ability to manage individual patients, family, and public health problems in a comprehensive, holistic, coordinative, and collaborative way in primary health care contexts.
  8. Riset
    Ability to solve medical or health problems by conducting research or applying a problem-solving cycle which consists of several steps: identifying problem, designing the right solutions, implementing the solutions, and assessing the whole process.
  9. Pengelolaan kegawat-daruratan kedokteran dan kesehatan
    Ability to perform stabilization and resuscitation procedures for patients who are suffering from medical or surgical emergency situations.
    Ability to carry out triage procedures which involve assessing the seriousness of a patient’s disease, both at health service centers and in disaster areas.
  10. Manajemen pelayanan kesehatan
    Ability to take the role as a medical manager who can carry out the processes of planning, organization, implementation, and assessment by taking into account various factors which may influence individual and public health (such as social, culture, economy, environment, and government’s policies), based on the concept of “family doctor”.

Informasi lebih lanjut seputar penerimaan mahasiswa Universitas Indonesia, silahkan hubungi :

Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Indonesia
Gedung PMB (Samping Balai Sidang UI)
Kampus UI Depok, 16424
Tlp        :  (021) 7864126
(021) 78849104
(021) 7867222 ext. 106022
(021) 78849129
Fax        : (021) 7270158
E-mail     : penerimaan@ui.ac.id
Web       : penerimaan.ui.ac.id

Fakultas Hukum

Didirikan pada awal abad ke-20 pada 1909, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) adalah sekolah hukum tertua di Indonesia. Semenjak itu, FHUI menjadi kawah penggodokan ahli-ahli hukum yang memainkan peranan menentukan, tidak hanya dalam membangun sistem hukum, tetapi juga dalam mengukir sejarah bangsa.

Dari FHUI pula kecendekiawanan hukum di Indonesia lahir. Sebagai sekolah hukum tertua milik bangsa, sumbangsih FHUI bagi kelahiran dan tumbuh-kembangnya sistem hukum dan peradilan bangsa tidak lagi diragukan. Belajar sistem hukum dan peradilan Indonesia di FHUI akan terasa seperti mengalami sendiri bagaimana sistem-sistem itu dibuat.

Banyak lulusan FHUI telah meninggalkan jejak mereka pada taraf regional dan internasional. Beribu-ribu lainnya mengisi jabatan-jabatan di dunia peradilan Indonesia, profesi hukum dan akademisi hukum sepanjang masa. Sebagai satu-satunya sekolah hukum dan universitas yang menyandang nama bangsa, menjadi bagian dari sejarah bangsa telah menjadi tradisi bagi lulusan FHUI. Lebih dari sekadar sekolah hukum, FHUI adalah sebuah tradisi.

Dengan tujuan mempersiapkan pembelajar untuk bersaing pada tataran regional dan global, FHUI terus-menerus memperbarui komitmennya untuk menyajikan metode-metode pelatihan dan pengajaran termutakhir sesuai dengan standar internasional. Kurikulum secara inovatif selalu disesuaikan guna mengikuti perkembangan permasalahan hukum di tingkat nasional, regional dan global. Para pengajar didorong untuk memperkuat basis penelitian untuk menjaga agar kuliah-kuliah mereka selalu mutakhir.Untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek, mata kuliah-mata kuliah dengan penekanan pada keterampilan hukum disajikan dalam kerjasama dengan ahli-ahli hukum yang berpraktek. Semakin banyak pula tenaga pengajar yang terlibat aktif dalam praktek hukum, kegiatan legislatif maupun diplomasi internasional, di samping menjalankan tugas sehari-harinya sebagai akademisi. Pengalaman mereka sangat berharga untuk memperluas wawasan pembelajar dan mempersiapkan mereka untuk memasuki prosei hukum global yang semakin kompetitif.

Program Sarjana FHUI mendidik dan melatih mahasiswa untuk menjadi Sarjana Hukum (SH) dengan kualifikasi sebagai berikut:

  • Penguasaan yang baik atas hukum dan sistem hukum Indonesia;
  • Keterampilan dasar dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum dan ilmu hukum;
  • Kepekaan terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat;
  • Kemampuan dalam mengenali dan menganalisis permasalahan hukum;
  • Kemampuan untuk menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan masalah hukum.

Untuk Program Sarjana, FHUI hanya menyelenggarakan satu program studi, yaitu Program Studi Ilmu Hukum. Akan tetapi, mahasiswa dapat mengarahkan minat mereka dengan berkonsentrasi pada bidang-bidang hukum tertentu melalui pilihan mata kuliah-mata kuliahnya.

Mahasiswa dapat memilih dari antara berbagai mata kuliah yang ditawarkan oleh Fakultas. Mata kuliah-mata kuliah dikembangkan dan disampaikan oleh tenaga pengajar yang tergabung dalam beberapa bidan kajian ilmu hukum seperti hukum keperdataan, hukum pidana, hukum tata negara dan admnistrasi negara, hukum internasional, serta kajian hukum, masyarakat dan pembangunan.

Agar dinyatakan lulus sebagai Sarjana Hukum, seorang mahasiswa diharuskan untuk mengumpulkan sekurangnya 144 SKS termasuk skripsi, yang dapat ditempuh dalam 8 sampai maksimum 12 semester.

Sarjana Hukum lulusan FHUI, setelah mendapatkan pendidikan lanjutan atau pelatihan tambahan sebagaimana dipersyaratkan, dapat menjalankan fungsi sebagai hakim, jaksa, advokat, notaris, bagian hukum di perusahaan, diplomat dan sebagainya.

Kampus FHUI Gedung A
Depok 16424, Jawa Barat

Telepon (021) 7270003 eks. 10/18/40

Faks (021) 7270052

eMail humas@law.ui.ac.id

Fakultas FMIPA

Pada tahun 1950, UI yang berpusat di Jakarta mempunyai cabang di 4 kota yaitu, Ujung Pandang, Surabaya, Bandung dan Bogor. Fakultas MIPA UI saat itu bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam dan merupakan bagian dari UI cabang Bandung, yang pada tahun 1959 menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB). Selanjutnya Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan RI dengan SK nomor: 108094/UU tanggal 21 Desember 1960 mendirikan FIPIA UI (Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam) di Jakarta.

FIPIA UI memulai kegiatan akademiknya dengan membuka 4 Jurusan yaitu, Jurusan Matematika, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, dan Jurusan Biologi, pada tahun kuliah 1961/1962 tempat kegiatan pendidikan dipusatkan di Lembaga Eykman (Departemen Kesehatan RI) di Jalan Dipenogoro 69 Jakarta. Khusus untuk Jurusan Biologi kegiatan pendidikan diadakan di IPB hingga tahun 1967. Pada tahun 1965, FIPIA UI membuka Jurusan Farmasi, kemudian Jurusan Geografi yang semula bernaung di bawah FIPIA-Unpad diserahkan kepada FIPIA UI. Sejak tahun 1974 semua kegiatan pendidikan FIPIA UI dipusatkan di Kampus Salemba nomor 4 Jakarta. Berdasarkan Keputusan Presiden No. 44 Tahun 1982 tanggal 7 September 1982, nama FIPIA UI kemudian diubah menjadi FMIPA UI dan pada tahun akademik 1986/1987 FMIPA UI menempati Kampus Baru di Depok.

Pada saat ini FMIPA UI menyelenggarakan program S1, S2, S3, dan S1 Ekstensi, D III serta Program profesi Apoteker (1976). Program pascasarjana yang ada adalah: Material Science (sejak 1983/1984), Fisika (sejak 1990), Kimia (sejak 1990), Biologi (mulai 1993), Geografi (mulai 1998) dan Farmasi (mulai 2000). FMIPA UI pernah menyelenggarakan Program Diploma Kependidikan MIPA bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi (1985-1993). FMIPA UI mulai tahun 1990/1991, membuka Program D III Fisika Instrumentasi, dan tahun 1992/1993 Program D III Kimia Terapan. Mulai tahun 1996/1997 diselenggarakan Program D III Farmasi Distribusi Pemasaran, dan tahun 1997/1998 Program D III Farmasi Rumah Sakit. Sedangkan Program S1 Ekstensi untuk Fisika dimulai tahun ajaran 2001/2002, dan Program S1 Ekstensi Kimia serta Farmasi dimulai pada tahun ajaran 2002/2003. Pada tahun 2003 FMIPA UI membuka Program Studi Ilmu Kelautan Hayati dan Non Hayati.

VISI

FMIPA UI menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian, pelayanan bidang matematika dan sains serta terapannya baik di tingkat nasional maupun Internasioanl

Pimpinan FMIPA UI bukan hanya sekedar memelihara standar, tetapi berusaha keras meningkatkan standar mutu sehingga sesuai kriteria yang diakui secara nasional dan internasional

MISI
Sebagai sebuah institusi pendidikan yang berdedikasi untuk pendidikan dan riset dengan  standard tinggi, FMIPA UI mempunyai misi sebagai berikut :

  • Melaksanakan kegiatan pendidikan berbasis riset secara professional untuk menyiapkan peserta didik menjadi pemimpin masa depan yang bermoral, berwawasan global, dan peduli terhadap kehidupan masyarakat serta memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional
  • Menyumbangkan secara moral dan material dalam pengembangan sains dan teknologi dengan mendukung serta melaksanakan berbagai program riset unggulan Universitas.
  • Menyebarkan ilmu pengetahuan dan penemuan baru yang bermanfaat untuk kesejahteraan umat manusia

Tingkat keketatan untuk memasuki UI sangat tinggi. Dimana hanya 5% dari pendaftar yang diterima setiap tahunnya. Sebagai contoh pada tahun 2008 hanya 5.000 mahasiswa yang diterima dari 100.000 pendaftar. UI menyadari pendidikan pasca sarjana dan pada tahun 2012 diharapkan lebih dari 50% mahasiswa untuk program Master dan Doktor. UI telah meluluskan PhD terbanyak dibandingkan dengan universitas lain di Indonesia dan Asia Tenggara. Pada tahun 2012, UI menhasilkan lebih dari 500 lulusan PhD setiap tahunnya.

Gerbang Masuk Program Sarjana Universitas Indonesia
Universitas Indonesia sebagai Perguruan Tinggi favorit di Indonesia banyak menarik minat lulusan SMA. Ketertarikan ini tentu saja bukan tanpa alasan. UI adalah salah satu pilar utama pendidikan tinggi yang menyediakan pembelajaran berkualitas dengan lulusan yang terbukti mampu memasuki kancah kompetisi global. Memasuki gerbang UI merupakan idaman banyak anak bangsa bagi lulusan SMA yang baru.
UI menyiapkan gerbang masuk Program Sarjana (S1) antara lain melalui:
Melalui PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar), SIMAK (Seleksi Masuk Universitas Indonesia), SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Kelas Internasional (KI) Serta KSDI (Kerja Sama Daerah dan Industri).

Buku panduan UI dalam format PDF bisa diunduh pada tautan ini.

Informasi komprehensif mengenai Pendaftaran di UI bisa dilihat pada situs Penerimaan UI di http://penerimaan.ui.ac.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: