Indonesia Cerdas

Beranda » Bahasa Indonesia SMA/MA » 2. UJIAN NASIONAL 2014

2. UJIAN NASIONAL 2014

(1) Masalah dan tantangan mendasar bukanlah hal yanag harus kita hindari karena pemahaman sikap dan jawaban kita terhadap perubahan ekologis yang disebut pemanasan global itu menentukan perikehidupan kita selanjutnya. (2) Contohnya, jika dihadapkan pada jalan becek, kita akan mencari jalan menyisir. (3) langkah berikutnya, kita akan memperbaiki jalan becek itu. (4) Jalan yang terendam air ke bandara, kita terobos dengan menggunakan perahu karet. (5) Bahkan, masih harus ada tindak lanjutnya, yakni memelihara dan mengawasi lebih efektis kondisi jalan itu secara terus menerus.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawab: A

Pembahasan

Cara Praktis :
Kakak yakin Adik pasti mengetahui cara menjawab soal ini. Kita perhatikan soal adalah bacaan. Kunci soal bacaan ialah pertanyaannya. Pertanyaan bacaan di atas adalah kalimat utama paragraf …. Kata kunci pertanyaan ini ialah kalimat utama. Jika pertanyaannya “kalimat utama paragraf” Adik tinggal menerapkan rumus praktis LOGIC yaitu pilih ABCDE yang 80% kata-katanya mirip dengan kalimat pertama paragraf pertama. Jadi kuncinya kalimat utama terletak di kalimat pertama paragraf pertama, kalimat pertama paragraf pertama adalah Masalah dan tantangan mendasar bukanlah hal yanag harus kita hindari karena pemahaman sikap dan jawaban kita terhadap perubahan ekologis yang disebut pemanasan global itu menentukan perikehidupan kita selanjutnya. Sehingga jawaban yanag tepat ialah A.

Cara Biasa :
Wacana merupkan satuan bahasa terlengkap yang dinyatakan dalam bentuk karangan, laporan, novel, buku, artikel, pidato atau khotbah. Wacana berisi ungkapan perasaan dan pikiran seorang pengarang. Pikiran dan perasaan tersebut dinyatakan dalam bentuk untaian kata yang membentuk paragraf. Sehingga paragraf merupakan unsur penyusun sebuah wacana, terdiri atas untaian beberapa kalimat yang mengungkapkan satu ide pokok . Berdasarkan letak kalimat utamanya paragraf terbagi menjadi:
1. Paragraf deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf. Gagasan utama tersebut diikuti oleh gagasan-gagasan penjelas
2. Paragraf induktif
Paragraf Induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf. Paragraf ini diawali dengan uraian, lalu uraian tersebut di generalisasikan dalam satu kalimat atau disebut kalimat utama.
3. Paragraf campuran
Paragraf campuran adalah paragraf yang letak kalimat utamanya ada di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama dalam paragraf ini ada dua. Kalimat utama yang ada di bagian akhir paragraf merupakan pengulangan dari kalimat di awal paragraf dengan penekanan dan penambahan di bagian tertentu.
4. Paragraf deskriptif atau naratif
Paragraf jenis ini kalimat utamanya tersebar di seluruh kalimat. Artinya, paragraf ini tidak mempunyai kalimat utama. Setiap kalimat dalam paragraf ini merupakan kalimat penjelas dan kalimat utamanya tersirat di dalam kalimat penjelas. Paragraf jenis ini banyak dijumpai pada karangan jenis narasi atau deskripsi.
Paragraf yang baik adalah paragraf yang antara kalimat utama dan kalimat penjelasnya memiliki kepaduan. Dengan kata lain, semua gagasan dalam paragraf tersebut mendukung satu ide pokok. Sehingga :
(1) Masalah dan tantangan mendasar bukanlah hal yanag harus kita hindari karena pemahaman sikap dan jawaban kita terhadap perubahan ekologis yang disebut pemanasan global itu menentukan perikehidupan kita selanjutnya. Merupakan kalimat utama.
(2) Contohnya, jika dihadapkan pada jalan becek, kita akan mencari jalan menyisir. Kalimat penjelas
(3) langkah berikutnya, kita akan memperbaiki jalan becek itu. Kalimat penjelas
(4) Jalan yang terendam air ke bandara, kita terobos dengan menggunakan perahu karet. Kalimat penjelas
(5) Bahkan, masih harus ada tindak lanjutnya, yakni memelihara dan mengawasi lebih efektis kondisi jalan itu secara terus menerus. Kalimat penjelas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: