Indonesia Cerdas

Beranda » Bahasa Indonesia SMA/MA » 1. UJIAN NASIONAL 2014

1. UJIAN NASIONAL 2014

(1) Masih banyak guru yang belum adanya buku pelajaran digital. (2) Padahal, kementerian Pendidikan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital di internet. (3) K`arena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinaan kecil sekolah menggunakan buku digital. (4) Walaupun program tersebut bermanfaat daan menguntungkan murid, orang tua dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (5) Di samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dan di internet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawab: A

Pembahasan

Cara Praktis :
Kita perhatikan soal di atas adalah bacaan. Kunci soal bacaan ialah pertanyaannya. Pertanyaan bacaan di atas adalah kalimat utama paragraf …. Kata kunci pertanyaan ini ialah kalimat utama. Jika pertanyaannya “kalimat utama paragraf” Adik tinggal menerapkan rumus praktis LOGIC yaitu pilih ABCDE yang 80% kata-katanya mirip dengan kalimat pertama paragraf pertama. Kalimat pertama paragraf pertama adalah Masih banyak guru yang belum adanya buku pelajaran digital. Jadi yang benar pilihan A.

Cara Biasa :
Mari kita pahami dan uraikan satu persatu makna dari apa yang dipertanyakan soal ini. Setidaknya ada dua yaitu: paragraf dan topik atau kalimat utama , kalimat utama atau topik adalah kalimat yang menjadi dasar pengembangan bagi sebuah paragraf. Kalimat utama disebut pula dengan pikiran pokok atau ide utama. Secara umum kalimat utama terletak pada awal paragraf atau pada akhir paragraf. Paragraf yang gagasan utamanya terletak diawal paragraf disebut paragraf deduktif. Sedangkan paragraf yang gagasan utamanya terletak diakhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membahas satu topik atau hanya mengacu pada satu gagasan pokok. Jadi paragraf tidak boleh mengandung dua topik. Topik dituangkan ke dalam satu kalimat yang disebut dengan kalimat utama. Kita perhatikan paragraf pertama adalah (1) Masih banyak guru yang belum adanya buku pelajaran digital.
(2) Padahal, kementerian Pendidikan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital di internet. (Kalimat penjelas)
(3) Karena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinaan kecil sekolah menggunakan buku digital. (Kalimat penjelas)
(4) Walaupun program tersebut bermanfaat daan menguntungkan murid, orang tua dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (Kalimat penjelas)
(5) Di samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dan di internet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet. (Kalimat penjelas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: